Jumat, 07 Juli 2017

Ketombean ? Ini 6 Jenis Obat Alami Penghilang Ketombe yang Mudah di Temukan di Sekitar Kita




 Siapa yang tidak tau dengan KETOMBE . Ya KETOMBE atau yang juga disebut sindap dan kelemumur; dengan nama ilmiah Pityriasis capitis adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit. Namun, ada orang yang mengalami secara terus menerus (kronis ataupun sekali-sekali, pengelupasan dalam jumlah yang besar yang diikuti dengan pemerahan dan iritasi. Kebanyakan kasus ketombe dapat disembuhkan dengan sampo khusus atau pengobatan bebas.

 Ketombe dapat juga merupakan gejala seborrhoeic dermatitis, psoriasis, infeksi jamur atau kutu rambut. Bila mengalami ketombe, menggaruk kepala secara berlebihan harus dihindari. Menggaruk bagian tersebut dapat menyebabkan kerusakan kulit, yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko infeksi, terutama sekali dari bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus. Walaupun infeksi bakteri ini merupakan risiko terbesar dari ketombe, kebanyakan orang akan menemukan bahwa ketombe dapat menyebabkan isu sosial hilangnya kepercayaan diri bagi penderitanya. Oleh karenanya, pengobatan segera menjadi sangat penting untuk murni alasan sosial.

 Obat Ketombe selain yang kerap kita jumpai di tokoh obat atau salon dapat juga kita racik sendiri sebagai obat herbal atau alami sebagai penghilang ketombe

1. Campuran Buah Nanas dan Jeruk Nipis 

Siapkan buah nanas matang seperempat dan jeruk nipis satu buah. Cara membuatnya yaitu buah nanas dikupas, lalu buah nanas dicuci bersih. Setelah itu, buah nanas diparut. Kemudian parutan nanas diperas dan saring. Masukkan air perasan jeruk nipis kedalam air perasan nanas. Diaduk hingga merata. Digunakan untuk dioleskan pada bagian kulit kepala yang berketombe. Kerjakan seminggu 2-3 kali. Sebaiknya dikerjakan pada malam hari menjelang tidur dan pada esok harinya rambut dibersihkan atau keramas.

2. Air Perasan Jeruk Nipis
Sediakan jeruk nipis satu buah. Cara menggunakan yaitu jeruk nipis diiris lalu ambil airnya dengan cara diperas. Gosokkan air perasan jeruk nipis tersebut pada bagian rambut serta kulit kepala yang berketombe. Diamkan dalam waktu 20-30 menit. Setelah itu, rambut dibersihkan atau keramas. Untuk perawatan kerjakan dua sampai tiga kali.

3. Lemon
Siapkan buah lemon dua biji. Cara menggunakannya yaitu buah lemon diiris lalu diperas untuk diambil airnya. Air perasan buah lemon diusapkan pada bagian kulit kepala yang berketombe. Biarkan dalam waktu 20 menit. Setelah itu, rambut dibersihkan atau keramas seperti biasa.

4. Campuran Minyak Zaitun dan Kunyit
Sediakan minyak zaitun secukupnya dan kunyit dua rimpang. Cara membuatnya yaitu kunyit diparut. Lalu tambahkan minyak zaitun panas kedalam parutan kunyit. Aduk sampai merata. Oleskan pada bagian kulit kepala yang berketombe ( kulit kepala sudah dibasahi). Diamkan hingga beberapa menit. Setelah itu, rambut dibersihkan atau keramas seperti biasa menggunakan sampo.

5. Campuran Air Kelapa , Parutan Daging Kelapa  , Nanas , dan Jeruk Nipis
Siapkan air kelapa satu setengah gelas, nanas seperempat buah, jeruk nipis satu buah dan buah kelapa tua setengah butir. Cara membuatnya yaitu nanas serta buah kelapa diparut untuk diambil airnya. Campurkan air kelapa dan perasan jeruk nipis ke dalam campuran air nanas dan kelapa. Diaduk sampai merata. Setelah itu, usapkan pada bagian rambut serta kulit kepala yang berketombe. Diamkan dalam waktu lima belas menit. Kemudian rambut dibersihkan atau keramas seperti biasa. Kerjakan satu kali dalam seminggu.

6. Buah Apel
Bahan-bahannya adalah sediakan buah apel yang sudah dilumatkan sebanyak dua sendok makan serta air hangat dua sendok makan. Cara membuatnya yaitu masukkan air hangat kedalam buah apel yang sudah di lumatkan, aduk hingga merata. Kemudian usapkan campuran tersebut pada bagian kulit kepala yang berketombe sambil dipijit. Biarkan selama lima belas menit. Setelah itu, rambut dibersihkan atau keramas seperti biasa. Demikian beberapa cara tradisional alami (herbal) untuk mengatasi (menghilangkan) ketombe membandel . Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat
 

0 komentar:

Posting Komentar