Rabu, 12 Juli 2017

7 Obat Herbal Penurun Kolesterol

 
Sumber foto Link


Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol[4] (bahasa Inggris: waxy steroid) yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah.[5] Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon.
Steroid lain termasuk steroid hormon seperti kortisol, estrogen, dan testosteron. Nyatanya, semua hormon steroid terbuat dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol. Saat tentang membuat sebuah molekul dari pengubahan molekul yang lebih mudah, para ilmuwan menyebutnya sintesis.
Hiperkolesterolemia berarti bahwa kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah.

 Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk mengghindari hal ini. Akan tetapi, tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol HDL merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160–200 mg. Kadar kolesterol yang tinggi dapat diturunkan dengan simvastatin, tetapi simvastatin memiliki efek samping mempercepat timbulnya Katarak atau memperburuk Katarak bagi mereka yang sensitive terhadap obat ini, oleh karena itu sebaiknya gunakan Atorvastatin yang lebih sedikit efek sampingnya dan telah ada Generiknya pula. Seorang dokter menyarankan konsumsi bekatul akan sangat baik bagi kesehatan dan menurunkan kadar kolesterol.[7] Sebenarnya Serat apapun (Oats, Sayur, Buah) akan mengikat sebagian lemak dan dibuang bersama BAB, tetapi yang lebih utama adalah pengaturan makanan yang di konsumsi atau diet .
 Beberapa jenis makanan ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah , apa saja mari kita simak

1. Daun Salam

Sumber Foto Daun Salam Link
 Menurunkan kolesterol dengan daun salam cukup dengan air rebusan nya .Cara membuat nya yaitu dengan mencampur 20 lembar daun salam segar dan air bersih 600 ml lalu di panaskan biarkan hingga air tersisa 200 ml dan di minum air rebusan nya setelah dingin . Minum air rebusan daun salam 2x1 hari secara rutin sampai kadar kolesterol turun menuju normal .

2. Teh Hijau
Sumber foto Link

Pengolahan daun teh hijau sangat mudah layak nya teh biasa karna tidak ada tambahan bahan lain . Cukup dengan menyeduh 7 gram daun teh hijau dengan air panas 1 gelas biarkan 10 menit lalu di minum .

3.Bawang Putih 
Sumber Foto Bawang Putih Link

Cara nya siapkan 3 siung bawang putih segar lalu tumbuk sampai halus dan seduh dengan air hangan 150 ml . Minuman seduhan bawang putih ini dapat di minum 2x1 hari umtuk hasil yang maksimal

4. Buah Alpukat 
Sumber foto Link
 
Cukup dengan mengkonsumsi 1-2 buah alpukat setiap hari dapat menurunkan kolesterol secara bertahap .

5. Temulawak + Daun Sambiloto
Sumber Link
 
Cuci sampai bersih sambiloto dan temulawak. Kemudian jemur sampai kering. Kupas temulawak, iris seperlunya. Ambil sambiloto kering sebanyak 15 gr. Setelah itu rebus dengan air bersih 600 ml, biarkan hingga airnya tersisa 300 ml. Angkat, dinginkan, lalu saring. Minum ramuan penurun kolesterol 2 x 1 hari secara rutin.

6. Temulawak Segar
Sumber Foto Link
 
Selain dengan campuran sambiloto dapat juga dengan seduhan temulawak segar saja . Cara nya siapkan Temulawak segar 1 jari dan air panas 1 gelas . Tumbuk temulawak hingga halus seduh dengan air panas biarkan beberapa saat lalu saring dan siap di minum.

7. Buah Mengkudu

Sumber foto : http://manfaat.co.id/wp-content/uploads/2014/08/manfaat-buah-mengkudu.jpg
Cara nya dengan di jadikan jus . Siapkan 3 buah mengkudu , cuci bersih , masukan ke blender dan tambah air secukup nya . Jus mengkudu siap di minum . Lakukan 2x1 hari untuk hasil yang maksimal.
 Selain beberapa yang saya sebutkan di atas masih banyak lagi obat alami penurun kolesterol yang sangat mudah di temukan di sekitar kita . Semua akan saya bahas di postingan selanjut nya .
Sekian Tips tentang Cara Alami Turunkan Kolesterol . Terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar