Jumat, 11 Agustus 2017

Kembalinya Kejayaan Teknologi Penerbangan Indonesia

N-219 PT DI Indonesia

Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka Ritech Expo ke-22 di Center Point of Indonesia, Makassar, Sulawesi Sealtan, Kamis, 10/8/2017 usai menghadiri puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas).
Pembukaan ditandai dengan penarikan pita merah-putih oleh Wakil Presiden didampingi Presiden ketiga Indonesia BJ Habibie, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani dan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir.
Wapres mendapat penjelasan dari Menristekdikti terkait lini masa perkembangan teknologi di Indonesia sejak 1995 hingga saat ini.
Menristekdikti berharap tahun 2107 bisa mengembalikan kejayaan teknologi Indonesia melalui penerbangan perdana pesawat N-219 karya PT DI dan LAPAN.
“Kita berharap semoga tahun ini kejayaan teknolgi Indonesia dapat bangkit melalui penerbangan N-219,” ujar Nasir.
Wakil Presiden juga menerima penjelasan terkait produk-produk inovasi yang dipamerkan para exhibitor, misalnya: penjelasan terkait Lapan Surveilance UAV-02 (LSU-02), produk inovasi LAPAN, dan prototipe material “smart magnet” Radar Absorbing Material karya BATAN.
Sedangkan di “booth” Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Wapres mendapat penjelasan terkait kapal nelayan baja berlisensi yang terbuat dari pelat baja datar. Kapal ini pula yang diluncurkan oleh Wapres pada acara puncak Hakteknas ke-22.
Ritech Expo merupakan gelaran tahunan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk mendiseminasikan hasil riset dan produk-produk inovasi karya anak bangsa. Ritech Expo tahun 2017 diselenggarakan di Area Wisma Negara, Center Point of Indonesia, Makassar tanggal 10 sampai 13 Agustus 2017.
Sebanyak 183 booth dengan jumlah peserta 110 instansi terdiri dari dari 15 unit utama Kemristekdikti, 35 perguruan tinggi, 10 balitbangda, 20 kementerian dan lembaga, 20 industri dan BUMN, 10 Asosiasi dan Komunitas mengikuti ekspo ini.
Selain pameran produk-produk inovasi karya anak bangsa juga diselenggarakan berbagai kegiatan menarik antara lain demo produk iptek, seminar iptek, demo sains, temu bisnis, dan lomba foto serta video.

Jakartagreater

0 komentar:

Posting Komentar