Minggu, 16 Juli 2017

Gunung Rumput "Bukit Teletubbies" Sambas , Wisata Alam Sambas Kalbar yang Masih Jarang di Ketahui Orang .

Ilustrasi

Gunung Rumput atau Bukit Kanyi atau Bukit Teletubbies adalah gunung yang terdapat di Pulau Kalimantan tepatnya Kalimantan Barat di perbatasan Indonesia dengan Malaysia. Gunung ini memiliki ketinggian 1.590 meter dari permukaan air laut. Di wilayah Indonesia gunung ini secara administratif masuk ke Kecamatan Sajingan Besar,  Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (termasuk ke desa Santaban dan Senatab) sedangkan di wilayah Malaysia berada di wilayah Lundu, Serawak. Gunung Rumput memiliki bentuk memanjang 30 Kilometer seperti rangkaian pegunungan dengan beberapa puncaknya.(Wikipedia.com)

Google Maps
Diantaranya Puncak Gunung Munggu Nyor (1.280 m), Puncak Gunung Bekumpai/Pueh (1.320 m), Puncak Bukit Nibong (1.400 m), Puncak Bukit Beboi (1.470 m), Puncak Gunung Payung (1.145 m), Puncak Gunung Tempurong (1.400 m), dan Puncak Gunung Pengiran (1.220 m).
Sungai-sungai yang berasal dari Gunung Rumput diantaranya adalah Sungai Senipahang, Sungai Sempajang, Sungai Sajingan, Sungai Tembaran, dan Sungai Setugor Kecil.
Secara geologi Gunung Rumput terdiri dari susunan Granit dan Adamelit.
Ilustrasi

Selain itu juga termasuk ke satuan Kompleks Serabang dengan susunan batuan Ultramafik, gabro, basalt malih, rijang, sepilit sekis dan batu pasir.
Ilustrasi

Dengan Bentangan alam yang indah berupa perbukitan yang di tumbuhi rumput ilalang sehingga keindahan tempat ini sangatlah khas dan menarik untuk di kunjungi . Tempat ini sangat cocok untuk liburan , spot Fotografi , perkemahan dan lain lain .

1 komentar:

  1. yang ke sana harap jaga lingkungannya, kalau nggak ujung ujung nya rusak lagi......

    BalasHapus